Budidaya Ayam Serama | informasi-usaha.com

Informasi Usaha

Budidaya Ayam Serama

July 20th, 2011 24 Komentar

Budidaya Ayam Serama

Budidaya Ayam Serama.
Budidaya yang satu ini sunguh mengasikan,karena yang dibudidayakan adalah hewan tersombong didunia, kata simbah saya barang siapa yang jalannya memdongakan kepala berarti memiliki sifat sombong ? :)
Budidaya ayam serama memiliki peluang yang cukup menjanjikan, sebagai hobby Budidaya ayam serama bisa di jadikan sumber ATM. Peluang Budidaya Ayam Serama mempunyai ciri khas tersendiri, ayam terkecil di dunia yang banyak berkembang di negara Malaysia sekarang sudah menyebar ke beberapa negara, selain dijadiakan hiasan Ayam serama juga di jadikan  ayam lomba,agar supaya harga ayam serama menjadi mahal harus mampu menjuarai suatu efen perlombaan.
Dengan seringnya diadakan lomba hasil Budidaya Ayam Serama maka kebutuhan akan ayam serama menjadi banyak terutama Budidaya Ayam Serama yang berkwulitas lomba. Untuk itu dalam Budidaya Ayam Serama harus memiliki indukan yang bagus baik dalam peranakan atau disaat lomba, agar bisa di jadikan mesin ATM.
Walau begitu dalam memulai Budidaya Ayam Serama Anda tidak boleh gegabah untuk membeli indukan yang belum tahu hasil ternakannya dan berharga mahal, lebih baik Anda membeli calon indukan yang terseleksi. Dengan kata lain lebih baik beli calon idukkan yang banyak dari induk yang berkwalitas dengan harga murah dari pada beli satu pasang indukkan berharga mahal.
Bagi Anda pencinta unggas untuk kontes kecantikan, nama Ayam serama mungkin sudah tidak asing lagi. Ayam asal Malaysia ini memang terkenal unik karena memiliki karakter postur yang kerdil. Bahkan, menurut American Poultry Association dan American Bantam Association, ayam serama merupakan jenis ayam terkecil di dunia.
Ukuran tubuh serama dewasa hanya sekepal tangan orang dewasa. Beratnya pun hanya sekitar 300 gram per ekor. Meski bodinya imut, ayam ini suka pamer, dengan membusungkan dada dan berjalan gemulai layaknya di atas catwalk.
Budidaya Ayam Serama

Cara Budidaya Ayam Serama
Tidak membutuhkan kandang yang luas.  1 pasang induk Ayam Serama sudah bisa Budidaya Ayam Serama dengan ukuran P 1 mtr X L 75cm X T 150cm. Jadi walau ada sisa lahan sedikit tidak menjadi kendala dalam Budidaya Ayam Serama. Yang paling penting adalah sepasang indukan yang berkwalitas. Budidaya Ayam Serama telur yang dihasilkan tidaklah banyak seperti pada umumnya ayam biasa, kurang lebih sekitar 4 – 6 telur, juga soal penetasanya sekitar 50% dari telur yang dierami.akan tetapi untuk memacu hasil yang maximal bisa Anda siasati dengan istilah babon penetas atau mengunakan mesin penetas.karean induk tidak mengerami bisa langsung di jodohkan lagi untuk bertelur.pada umumnya harga se ekor ayam mengacu pada indukan yang di ternak makin berkwalitas makin mahal harga anakkan yang dihasilkan, apalagi induknya pernah meraih juara pada suatu efen perlombaan.untuk informasi harga Budidaya Ayam Serama di sekitar daerah Saya harga anakkan( kutuk) umur 3 hari berkisar Rp 50.000,00 – Rp 100.000,00 dari indukan biasa sedang dari indukan juara sudah tergantung dari hobby.dengan harga seperti itu Budidaya Ayam Serama patut untuk di coba.
Penetasan dengan bantuan mesin penetas Anda harus mengatur suhu dan kelembapan pada mesin penetes tersebut. Untuk suhu berkisar antara 37,5ºC – 38ºC. Sedangkan masalah kelembapan harus sesuai dengan usia sewaktu telur mulai dimasukan ke mesin penetas, pada minggu pertama sampai minggu ke 2 kelembapan sekitar 65% – 70%, menjelang 2 – 3 hari telur mau menetas kelembapan harus di tingkatkan atau di tambah berkisar antara 95% – 100%, alat pengukur kelembapan bisa disebut HYGRO METER.
Pemberian pakan Budidaya Ayam Serama bisa mengunakan pakan jadi yang telah tersedia di kios – kios penjual pakan, lakukan 2 kali sehari, untuk informasi hasil Budidaya Ayam Serama yang di persiapkan ke kontes peberian pakan harus lebih extra karena sampai terjadi kegemukan ayam tidak layak untuk dikonteskan, bobot ayam serama dalam kontes di bawah 500 gram makin kecil akan lebih baik, kalau sampai bisa juara dalam kontes ayam serama dalam kelas terkecil nilai jualnya sudah melambung beberapa kali lipat dari harga normal.
Untuk perawatan, lakukan mandi jemur tiap hari dalam 1 atau 2 bulan lakukan mandi keramas dengan mengunakan sampo agar supaya ayam seram terhindar dari kutu.

Keuntungan Budidaya Ayam Serama.
*Dengan modal yang bisa di tekan seminim mumgkin tidak akan berpengaruh terhadap harga jual dari hasil ternak Budidaya AyamSerama.
*Dalam bertenak sifat hoky masih berlaku dimana kemungkinan bisa terjadi dari hasil ternakan indukan yang  tidak istimewa akan tetapi sewaktu di konteskan bisa meraih juara.itu bisa terjadi kalau sedang hoky.
*Makin ramainya diadakan kontes akan berimbas pada penjualan dan harga. Makin baik hasil ternakan makin mudah untuk menjual dengan harga yang tinggi sekalipun.
Perlu Anda ingat dalam Budidaya Ayam Serama, termasuk kedalam hobby jadi harus berhati – hati agar supaya bila terjadi boming anda tidak kena imbasnya.makanya Saya sarankan kalau mau mencari indukan, carilah yang masih bahan, baru setelah Anda sukses bisa ditingkatkan dengan indukan super yang mana uang yang dipakai untuk membeli dari hasil jual ternak tersebut
*Selain hobby Anda tersalurkan juga mendapat penghasilan dalam Budidaya Ayam Serama.

Kelemahan dari Budidaya Ayam Serama.
*Budidaya AyamSerama tidak beda jauh dengan bertenak ayam pada umumnya jadi segala sesuatunya sama pesis, renta terhadap cuaca, sekali terkena penyakit kalau tidak segera dirawat akan mudah menjalar ke ayam  yang lain.
*Kesulitan dalam penetasan telur dan jumlah telur tidak banyak
*Kalau sampai terjadi boming, sedangkan modal belum kembali.
*Bila terjadi kematian
*Resiko kehilangan atas pencurian ayam

Asumsi keuntungan Budidaya Ayam Serama.
Biaya tetap
Pembuatan kandang ternak Rp 500.000,00
Pembelian 5 pasang induk @ Rp 250.000,00 ( umur 2 minggu)
5 X Rp 250.000,00 = Rp 1.250.000,00
jumlah biaya tetap  Rp 1.750.000,00
Biaya tidak tetap.
Pembelian pakan untuk 6 bulan Rp 300.000,00
Obat – obatan dan vitamin  Rp 150.000,00
Jumlah biaya tidak tetep Rp 450.000,00
Dari 5 psg indukan berhasil menetas 15 ekor dengan harga jual @ Rp 75.000,00
15 X Rp 75.000,00 = Rp 1.125.000,00
Keutungan dari 5 psg indukan Rp 1.125.00,00 – 450.000,00 = Rp 675.000,00
Untuk balik modal ( BEP ) dibutuhkan 2 x penetasan itu dengan harga jual pada usia 1 hari sampai 3 hari, diatas usia tersebut harga sudah lain minimal Rp 500.000,00 Per ekor, belum lagi hasil dari budidaya ayam serama tersebut meraih  juara.itu yang namanya hoky…..?:)

KAMI JUGA MEMPUNYAI BUKU BETERNAK ULAT KANDANG YANG SEDANG NAIK DAUN DAN LAYAK UNTUK DIPERHITUNGKAN UNTUK MENDAPATKAN HUB LANGSUNG : MAMA MIA COLLECTION

085 335 682 454

By
Miftakul huda – Budidaya Ayam Serama

Pencarian Yang Masuk :

  • Ayam serama
  • budidaya ayam serama
  • ayam srama
  • ternak ayam serama
  • ayamserama
  • kandang ayam serama
  • Beternak ayam serama
  • harga ayam serama
  • cara beternak ayam serama
  • serama
  • makanan ayam serama
  • budi daya ayam serama
  • cara ternak ayam serama
  • ayam seramah
  • cara budidaya ayam serama
  • ayam serema
  • cara berternak ayam serama
  • ukuran kandang ayam serama
  • pakan ayam serama
  • ternak serama
 

Tentang penulis

Miftakul Huda,
Menulis untuk menyalurkan pandangan terhadap kehidupan sehari-hari, terutama dalam bidang pekerjaan yang mungkin saat ini dianggap remeh oleh orang lain.
Saat ini menekuni usaha di bidang supplier bahan bangunan, perkebunan dan peternakan.
 

24 Comments to “Budidaya Ayam Serama”

  1. kenkha says:

    :roll: pusinggggg

  2. herman says:

    bagaimana saya bisa memperoleh bibit karena saya berada dijambi

  3. Glory says:

    Saya tertarik untuk beternak ayam Serama, kalau mau beli bibit ayam tersebut dmna ya?? saya dikota solo, bapak dimana??

    mohon sarannya, bi2t ayam yang baik dpelihara bagi pemula itu mulai umur berapa??

    :)
    TRims

    • Sultan99 says:

      terimakasih atas kunjungan ke blog kami, langsung aja kami domisili di kediri, mengenai beternak ayam serama alangkah baiknya itu semua didasari dengan hoby, tanpa mempunyai hoby kami kira kurang baik jadinya, karena ayam serama sifatnya untuk hoby, baru melangkah ke yang lainya, untuk mengawali ternak ayam serama bagi pemula akan lebih baik mencoba yang sedang – sedang saja dahulu sambil berjalan sekalian belajar, dengan sendirinya Anda akan menemukan kuncinya apalagi kalau Anda mau bergabung dengan para komonitas penghoby ayam serama selain hoby Anda tersalurkan juga menambah teman, banyak teman banyak rejeki mas! :)

  4. doni says:

    bagaimana cara membedakan ayam serama asli dg yg palsu?

    • Sultan99 says:

      membedakan ayam serama dengan ayam kate, bukan kate ayam lo! :) , sebenarnya gampang – gampang susah kalau tidak menerjuni dengan serius, karena kedua ayam tersebut sama – sama tegolong ayam terkecil, pada dasarya memang ada bedanya, membedakanya cukup kita ambil yang mendasar saja pada.Ayam Serama : Dapat berdiri tegak,dada busung dan lebih mungil.Memiliki kaki yang tegak serta panjang.Tinggi dan tidak cebol, begitu sebaliknya, trimks, salam sukses selalu

  5. ardy says:

    Saya tertarik dengan ayam serama klau boleh tau pa sulit kalau memelihara ayam serama gan…
    Untuk mendapatkan ayam serama dimana gan…
    Trksh…

    • Sultan99 says:

      untuk memelihara ayam serama tidak terlalu sulit, apalgi kalau di imbangi dengan hobby!, untuk memdapatkan ayam serama sekarang ini sudah banyak yang jual atau beternak, di tempat kami juga tersedia, pesan kami tolong berhati – hati kalau membveli ayam serama jagan samnpai salah pilih dengan ayam kate, tmksh, salam sukses selalu

  6. arif says:

    gan, brp hrg anakan serama umur 2-3 bulanan??, klo ane mo pesen gmn caranya?
    thx,

    • Sultan99 says:

      Gan, terima kasih atas kunjunganya di blog kami ini, mengenai harga anakan serama umur 2 – 3 itu variasi, alangkah baiknya untuk harga Via sms to tlp aja, tmksh, salams ukses selalu

  7. ded says:

    Om, sy pemula yg masi mau coba serama,
    gimana sich ciri serama yg bagus baik yg masi kuthuk atau yg uda gedhe maupun yg untuk indukan?,
    ada nomor yg bs di hub om? biar sy bs konsultasi,
    ni no sy 082142264166,
    thx salam kokok. . . . . . . .,

    • Sultan99 says:

      Trimakasih atas kunjungan terhadap blog kami, bila ingin sharing via tlp to sms bisa hub 085335682454, tmksh, salam sukses selalu

  8. artha says:

    saya tertarik ayam serama dah beli pjantan 2 ,betina 1 .belum jd kuternak kjual 2 ekor cuma dtawar 80 ribu……..sungguh menyakitkan.gmn solusinya bung

    • Sultan99 says:

      Ok Mas memang saat ini harga ayam serama tidak sama dengan kemaren, karena sekarang ini yang mencari ayam serama benar – benar penghobi to pengermar murni, kemaren yang penting ayam serama laku terjual dengan harga yang mahal akan tetapi sebenarnya sekarang ini harga lebih mahal, cuman yang di cari betul – betul ayam yang berkwalitas kontes dengan jaminan dari keturunan ayam induk bagus,ya minimal ayam sudah kelihatan kwalitas dengan gerakan menarik dadanya, kalau tidak klelihatan biasanya di masukan ke ayam kate, trmksh, salam sukses selalu

  9. febri says:

    bagaimana iya ???? caranya membedakan ayam serama dan ayam kate.

    dan bisa gak iya dengan modal 100.000 bisa beternak ayam serama???

    • Sultan99 says:

      SALAM KENAL AGAN FEBRI, MEMANG UNTUK MEMBEDAKAN UNBTUK MEMBNEDAKAN AYAM KATE DENGAN AYAM SERAMA GAMPANG – GAMPANG SUSAH, YANG PALING MUDAH PERBEDAANYA AYAM KATE AGAK BESAR AYAM SERAMA KECIL, AYAM KATE TIDAK BISA BERDIRI MEMBUSUNGKAN DADA AYAM SERAMA BISA, AGAR SUPAYA TIDAK SALAH LEBIH BAIK MEMBELI KE PETERNAK AYAM SERAMA LANGSUNG, BISA DENGAN JALAN MEMBELI AYAM YANG MASIH KECIL TRMKSH SALAM SUKSES SELALU

  10. Budi says:

    Salam kenal Pak.
    Untuk indukan kok beli yang umur 2 minggu, padahal kalau ayam biasanya bertelur umur 4 bulan, apakah tidak terlalu lama?

    • Sultan99 says:

      salam kenal kembali Agan Budi. ok memang benar. untuk indukan yang baik mulai bertelur sekitar umur 7 bulan keatas, akan tetapi kenapa membeli yang masih berumur 2 minggu. itu semua untuk menekan biaya sambil mempelajari karakter dari bakal calon induk tersebut. bisa saja dengan jalan pintas dengan cara membeli sepasang induk yang sudah produksi dan sudah tahu hasilnya akan tetapi membutuhkan modal yang adak besar. itu semua tergantung dari masing. mana yang harus di ambil, trmksh atas komennya, salam sukses selalu

  11. eko sidoarjo says:

    salam kenal,Gan…!
    aku punya ayam serama uda bertelur…!kok prosentasenya kecil yang menetas…?
    kalo pakek mesin tetas butuh waktu lebih untuk merawat telurnya,aq ga bisa ,Gan..?
    apakah sama apabila saya titip eram di indukan lain yang sama sama mengerami ….?
    soalnya aq penasaran,Gan…..????

    • Sultan99 says:

      Salam kenal kembali Gan., itulah manfaat untuk memilih induk yang baik, itu berlaku untuk semua ayam, disamping memilih induk yang baik untuk penampilan(ayam serama) juga harus memilih induk yang pandai mengerami telurnya, pakai mesin penetas juga bisa sekarang ada mesin penetas yang sudah outumatis sudah banyak dijual umum, paling efesien menitipkan pada ayam lain.padda umumnya induk yang bulunya tebal prosentasenya bagus, ato mungkin induk Agan baru belajar kalau itu lain lagi Agan harus memantau yang kedua bila tetap seperti itu. andai induk bagus dalam penampilan alangkah baiknya pakai ayam lain untuk menetaskan. trmksh, salam sukses selalu

  12. DINOV EFNASEMBI says:

    pak bagaimna jika ayam serama di kawin silang oleh ayam kate,saya beli ayam serama 50 ribu,apa termasuk kategori asli , saya di cilacap.matur nuwun

    • Sultan99 says:

      Salam kenal Mas Dinov, mengenai kawin silang itu tidak masalah, apalagi untuk pejantan serama sedang betina kate, bila didapati betina termasuk babon cetak bisa di mungkinkan anakan akan sama dengan pejantanya, agar supaya hasil anakan bisa asli memang harus mengunakan ayam serama semua, terutama yang masih murni, mengenai harga besar kecilnya nominal tidak bisa untuk di jadikan patokan apakah itu asli ayam serama atau kate, biar lebih mantap sewaktu membeli bisa mengetahui langsung kedua indukanya, trmksh, salam sukses selalu

  13. DINOV EFNASEMBI says:

    maaf kurang lengkap,jagonya yang serama,katenya babon

  14. kharis says:

    Kediri mana pak ?

Tinggalkan komentar disini:

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Click to hear an audio file of the anti-spam word

Kategori

eXTReMe Tracker