Asap cair

Asap cair

Asap cair

Merupakan suatu ladang usaha yang memiliki prospek yang cerah,di mana bahan bakunya diperoleh dari limbah-limbah kelapa yang kurang di manfaatkan, asap cair adalah hasil dari pembakaran tempurung kelapa dengan melalui berbagai proses sehingga menghasilka asap cair, dari  30 kg tempurung akan didapatkan asap cair sebesar 1 liter.Apalagi saat ini Pemerintah melarang pemakaian formalin terutama terhadap makanan.dengan begitu asap cair merupakan salah satu pilihan untuk pengawetan yang memilki resiko kecil.

Proses pertama mengubah tempurung menjadi asap dengan pembakaran bersuhu 400 -500 C. asap lalu di destilasi – maksudnya diembunkan,destilasi berarti mengembunkan uap hasil pembakaran, menjadi asap cair.Prosesnya memakan waktu hingga 8 jam untuk mengasilkan asap cair kelas 2.Liquid smole itu sudah ditunggu oleh para konsumen dengan harga Rp 20.000 per liter.

Asap cair sebagai penganti formalin

Untuk pengawetan Mi, Bakso, Tahu, Ayam potong,karet, ikan.  Memang ketahananya masih kalah denga Formalin akan tetapi resiko lebih kecil. Pada suhu kamar dengan pengunaan asap cair bisa bertahan 2 hari.                               Pada pelabuahan-pelabuhan sangat membutuhkan kurang lebih sekitar 5 ton per hari. Dengan banyaknya permintaan asap cair tersebut maka akan membuka peluang pengisian pundi-pundi ATM anda dari asap cair tersebut.

Selain asap cair sebagai bahan pengawet ikan dipelabuhan-pelabuhan,asap cair juga bisa dijadikan tepung sehingga memiliki daya jual yang lebih besar lagi untuk menambah pundi pundi.                                                                              Asap yang semula berbentuk cair diolah lagi menjadi tepung. Dalam pengolahan asap cair menjadi tepung karena adanya penambahan atau campuran dari maltodekstrin.

Maltodekstri itu  sendiri adalah hasil dari hidrolisis pati yang berwarna putih  terdiri dari campuran glukosa,maltosa serta polisakarida. Pati bisa didapat dari sari- sari singkong, sagu, jagung, kentang, dan garut dll.Maltodestri merupankan  campuran tambahan membuat margarin juga makanan rendah kalori.

Cara mebuat tepung dari asap cair sekalian pembuatan asap cair.

1-Masukan beberapa tempurung kelapa(sesuikan dengan jumlah yang Anda ingikan)Kedalam tungku pirolisis. Panaskan dengan suhu 400c -500c selama 5-8jam.  Anda akan mendapatkan hasil berupa, arang,gas, dan cairan, (yang disebut asap cair) yangberwarna coklat pekat dan beraroma kuat .

2-Lakukan mendestilasi asap cair tersebut hingga berubah warna kuning kecoklatan.agar supaya asap terbebas dari kandungan tar dan senyawa penyebab kanker bezo pirene.

3-Campur asap cair dari hasil destilasi tersebut dengan maltodekstrin mengunakan campuran 1:1 dan di aduk sampai merata.

4- Hasil campuran tersebut dipanaskan dengan suhu 70-80C kurang lebih 8 jam.

5- Dalam jangka waktu kurang lebih 8 jam campuran asap cair dengan maltodekstrin

berubah menjadi gumpalan-gumpalan saperti kristal kering.

6- Gumpalan gumpalan kristal tesebut Anda tumbuk  sehingga menjadi  bubuk halus.

Dengan bergitu olahan dari tempurung kelapa selain asap cair juga bisa buat tepung

.Asumsi yang diperoleh usaha asap cair;

- Tempurung kelapa 300kg @Rp 500     Rp   150.000

- Minyak tanah 55 liter @ Rp 6000         Rp   330.000.

- Tenaga kerja 2 Orang @ Rp 25.000       Rp     50.000.

- Listrik dan air                          Rp     50.000.

- Biaya tak terduga                   Rp      30.000.

Jumlah biaya yang dikeluarkan         Rp    610.000.

 

Asap cair yang dihasilkan 100L @Rp20.000        Rp 2.000.000.

 

Keuntungan dari 300kg tempurung

Rp 2.000.000 – Rp 610.000                        Rp 1.390.000

 

By

Miftakul huda – Asap cair.

This entry was posted in kesehatan, Perkebunan, Tehnik Usaha. Bookmark the permalink.

One Response to Asap cair

  1. joe marianto says:

    saya tertarik dgn usaha asap cair ini pak, apakah benar pasarnya begitu besar sampai2 permintaan tidak dapat di penuhi oleh para produsen. dari semua teori yang pernah saya dengar semuanya mengatakan hal2 yang positip, tapi terus terang saya tdk tahu pemasarannya harus kemana, apakah bapak bisa membantu saya, jawaban dari bapak sangat saya harapkan. kalau bisa melalui email saja pak.
    atas atensi yang di berikan saya mengucapkan terima kasih
    email saya joe.marianto@yahoo.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

*
To prove you're a person (not a spam script), type the security word shown in the picture. Click on the picture to hear an audio file of the word.
Click to hear an audio file of the anti-spam word